Minggu, 30 Agustus 2009

Bujur Ras Mejuah Juah suryacakra

sbg tambahan omz .... bagi kita orang batak yg namanya belo/sirih punya berbagai kegunaan/faedah buat kebatinan : bagi suku batak karo ada 5 penamaan buat sirih / belo juga tertera pd pustaka laklak....
1.belo cawir
2.belo baja
3.belo minak
4.belo pendurungi
5.belo biasa
masing² sirih / belo dipilih yang ketemu urat juga jika dilipat saling menutup helai daunnya (belo sampurjunjungen= sirih yg ada dipaling puncak batangnya dan menghala ke matahari terbit daunnya)
Biasa nya untuk persentabin kelima belo/sirih itu disediakan
sbg contoh
1.belo cawir berisi belahan pinang yg dibelah dr ujung keujung serta goresan kapur yg melintang dari tangkai keujung daun sirih
gunanya supaya cawir = panjang
2.belo baja : berisi bakaran parang/besi yg dibakar dan dicolekkan ke sirih/belo
gunannya biar kuat baga baja
3.belo minak : berisi olesan minyak/minak spy liat/alot/lincah bagai minyak
4.belo pendurungi : lada,lasuna tonggal/bawang batak/bawang tunggal,bahing gara/jahe merah,kapur,gambir biasanya untuk mengusir angin atau juga angin².... biasanya setan diibarat kan dgn angin²
5.belo biasa : berisi kapur.gambir,mayang .... ada yg menambahkan dgn kemiri atau kunyit.
nah klo lau meciho/air jernih biasa nya disediakan mumbang/degan/kelapa muda.sebab air kelapa diibaratkan air suci/sila keliamen/belun tersentuh udara /angin.
nah kembali soal kazanah dan dinamika yg kita mksd .....
asal muasal org indonesia adalah dr bangsa austronesia (burma , thailand , myanmar) mnrt pustaka yg pernah saya baca jug begitu kok omz ... kita tela`ah kerajaan sriwijaya dan majapahit .... pada kerajaaan maja pahit ada candi bernama borobudur klo kita liat secara dalam bentuk nya sama dgn simbol agama hindu & tapak nabi sulaiman ..... dan simbolnya sama dgn simbol budha sedangkan mnrt pustaka yg prnah saya baca ........buda brasal dr hindu ...serta buda brarti sang penumpas ..... itu mnrt yg pernah saya baca ....
sdngkan pd kerajaaan sriwijaya lebih condong ke agama hindu ..... saya liat reliefnya ......serta simbol sriwijaya..... mirif dgn tapak nabi sulaiman juga yg mirif dgn cicak atau pun lifan ..kupu² ....contoh rajah yg ada pd Ornamen ini bernama Bukit Siguntang, merupakan simbol kejayaan, Keabadian dan kemakmuran. yg omz posting pada http://www.spiritualis.org/pusaka-ji...layu-t326.html
bukankah itu sama dgn simbol pada krajaaan sriwijaya....
nah soal suku dan agama ..... masing masing suku dan agama punya pustaka yg mencatat asal muasal nya contoh kita org batak ....ada dipusok buhit ....serta prnah saya baca dan dgr klo suku batak karo brasal org india .... dan ada suku dicina bernama suku haro ... ntah dimana kepastiannya ....????yg pasti yg punya pustaka pasti punya ketrangan masing² yg tercatat pada pustakanya.
mengenai perbandingan dgn suku lain .... yg pasti nya itu ada dan mmg perlu ...buat kemajuan masing².dgn kata lain mmg harus ada perbandingan.
mengenai telur kulambu jati. bagi suku jawa mengatakan ada sedulur papat lima pancer (pembagian nafas,ketuban,air tembuni,tali pusat serta diri kita = manusia yg dilahirkan) sa`at pengadaaannya ... diantara kita apa ada yg hadir ????. sprti penciptaaan dunia .... 4 saudara itu ibaratkan dgn yg menyelubungi dunia ada lafisan atmosfer, maka atmosfer terdiri dari lapisan troposfer, stratosfer, mesosfer dan thermosfer http://www.e-dukasi.net/mol/mo_full....ame=giat1b.htm. yg saya pernah baca juga dgr.pada saat duduk dibangku sekolah dolo. ada juga yg mengkaji ada 5,6, dan 7.
pada suku batak karo prnah saya baca dan dgr kaka ras agi .kaka ngianken pusat laut sapinadora, agi ringanken i teruh karang(ada kekuatan = roh yg menemani )bagi org jawa mungkin menamai itu adalah sedulur papat .tapi manusia skrg mana ada brasal dari tanah .....ma`af jika tidak berkenan.mnrt pustaka yg saya prnah baca dan saya dgr dr para org tua cm nabi Adam dan Hawa yg diciptakan brasal dari debu tanah yg diciptakan olehNYA segambar dan serupa dgnNYA ,yg dihembuskan nafasnya olehNYA.sesudahnya belum pernah saya baca ataupun dgr kejadian yg sama sprti penciptaaan nabi Adam dan Hawa.mungkin bagi dunia bulan,bintang,planet,matahari adalah sedulurnya.
adakah DIA yg menamai sebuah agama ??? bukan kah nama agama itu manusia yg membuat ???asal muasal negara suku bahasa....agama pasti masing masing kita pernah membaca dan mendengar .
sbg contoh pengasalan berbagai bahasa setelah nabi nuh ..... manusia bercita cita membangun menara babel namun terjadi perpecahan bahasa olehNYA.
pengasalan agama ....bukankah nabi Adam dan Hawa menamai agama nya ???
namun mereka percaya adanya DIA.namun karena godaaan iblis yg menjelma sbg ular ... mereka terjatuh kdlm dosa. ma`af bagi yg beragama hindu sebab mereka menganggap ular adalah penjelmaanNya /malaikat/dewa/dewi.
pengasalan suku ... tentu klo berbeda bahasa .... suku pun berbeda .
bagi agama shinto menganggap matahari adalah jelmaaanNYA.kembali kpd kepercayaan masing².
seandanya kita memakai akal tentu kita tak me rasa² namun jika kita tidak memakai hati bgmn kita bisa merasa .... benar/betul/baik.
Telur kulambu jati .....hanya DIA yg tahu penjabarannya serta bgmn prosesnya.bagi kita yg percaya kpdNYA serta kita yg dipercaya olehNYA lah yg tahu akan rahasiaNYA.

0 komentar: