Selasa, 09 November 2010

Peripheral Vision

Peripheral vision itu memperluas jarak pandang mata kita ke semua penjuru atas bawah kiri kanan, tapi fokus bola mata tetap ke depan. Walaupun fokus bola mata tetap ke depan, kita bisa melihat apa yang ada di sekeliling kita sebatas bidang penglihatan maksimal kita melalui sudut-sudut mata. Teknik ini sering dilatih terutama oleh para praktisi bela diri juga para praktisi NLP. Tehnik ini juga digunakan dalam accelerated learning dan photoreading.

untuk memperluas jarak pandang mata dibutuhkan kondisi rileks. Rileks adalah kondisi alpha. Mengaktifkan peripheral vision dapat mempermudah langkah selanjutnya untuk memasuki kondisi rileksasi dengan mata tertutup. Ini ane pelajari dari sebuah artikel di internet, cuma ane lupa apa nama webnya

Cara mengaksesnya sepengetahuan ane ada beberapa cara:
1. Bayangkan atau rasakan kedua mata anda berpindah ke atas telinga, tempat biasanya tumbuh tanduk
2. Bayangkan atau rasakan kedua mata anda pindah ke atas kepala
3. Bayangkan atau rasakan ada jeruk mengambang di belakang atas kepala anda
Jika berhasil, anda akan merasakan bidang jangkauan pandangan anda meluas ke segala penjuru.
Cobalah menjangkau sekeliling sejauh batas maksimal penglihatan anda. Lihat apa warna dinding, warna langit-langit, benda apa saja yang ada di sekeliling, dengan fokus bola mata tetap ke depan. Kalau perlu bisa minta teman memperlihatkan sebuah tulisan dari samping, lalu coba baca tulisan itu melalui sudut mata anda.

0 komentar: