Jumat, 26 November 2010

Peluru Waktu [Bullet Time]

Peluru waktu, kalo bahasa kerennya adalah Bullet time.

Pernah nonton film the matrix kan? Disitu om neo bisa membuat waktu seakan2 menjadi lambat, kayak slow motion. Sebagian orang mungkin menganggap itu cuma khayalan belaka, tapi sebenarnya semua manusia mempunyai potensi untuk melakukan hal tersebut. Itu adalah salah satu kekuatan super yang tersembunyi dalam tubuh manusia.

Pernah ane kejadian, pada suatu hari ane sedang jalan, tiba2 ada seseorang yang nendang bola ke arah kepala ane, ane Cuma sempet ngeliat bola itu sesaat menuju arah ane, tiba2 secara ga sadar tuh bola gerakannya kayak melambat dan ane menghindar. Orang2 sekeliling ane ngeliat ane bergerak dengan gesit, padahal dalam pikiran ane itu bola yang gerakannya melambat.

Kok bisa ya?
Ternyata setelah ane pelajari, jalannya waktu itu Cuma di otak kita doang, kayak lagi maen game, ga kerasa udah 1 jam, padahal rasanya baru main sebentar.

Menurut mbah Einstein, waktu itu relative.
"Jika anda sedang jatuh cinta dengan seseorang, 10 menit bersamanya akan terasa sangat cepat. Jika anda sedang duduk diatas bara api, 10 menit akan terasa sangat lama. Itulah relativitas!"

Ahli bilang, otak punya 2 cara menafsirkan waktu: berdasarkan logika dan berdasarkan insting. Yang pertama adalah kayak ente sekarang, bisa berpikir jernih dan tenang, tapi kalo tiba2 ada bom meledak di seberang ruangan, otak akan mengaktifkan mode insting, sama dengan Borrowed Time.

Otakmu masuk semacam mode Overdrive, melepas semua pemikiran logis dan rasional dan menggantinya dengan pemikiran berdasarkan instin. Dan karena kamu berpikir lebih cepat, dunia seakan berputar lebih lambat.

Jadi gimana caranya?
Setelah ane simpulkan, KEMAMPUAN OTAK KITA AKAN MENINGKAT SAAT
SITUASI DAN KONDISI DARURAT.
Kalo kita mau berpikir dan beraktivitas lebih cepat dari biasanya, buatlah atau bayangkan seolah2 keadaan sedang darurat/panik dll, itu akan memanipulasi otak kita, dan membuat hal2 yang tidak mungkin jadi mungkin.

0 komentar: