Rabu, 01 Juli 2009

Sunan Ampel

image

Ali Rahmatullah dinamai Raden Rahmat atau disebut juga dengan Sunan Ampel. Ia melakukan penyebaran agama islam pada zaman kerajaan Majaphit. Setelah Mahapatih Gajahmada dan Prabu Hayam Wuruk wafat, kerajaan Majapahit terpecah belah dan sering terjadi peperangan.


Didalam masa penyebaran agama islam Sunan Ampel suka memberikan petuah-petuah ataupun sesuatu yang dapat menyembuhkan penyakit dengan hanya berucapkan dua kalimat sahadat. Sunan Ampel mendirikan beberapa pesantren guna memasyarakatkan ajaran agama islam, yang pada waktu itu dikenal salah satu ajarannya adalah "MOLIMO" yaitu tidak bermain judi, tidak minum minuman keras, tidak mengisap candu ganja, tidak mencuri dan tidak berzinah.


image Sunan Ampel yang memberikan gagasan agar didirikan kerajaan Islam pertama di Jawa yaitu Kerajaan Demak yang di rajai oleh Raden Patah. Selain itu Sunan Ampel juga mendirikan Masjid Agung Demak yang tersohor sampai saat ini, dari empat tiang salah satunya dibuat dari serpihan kayu tipis-tipis yang dilapis menjadi tiang yang dinamai Tiang Sunan Ampel.


Didalam Masjid Agung Demak inilah terjadi suatu kemukjijatan yaitu salah satu murid Sunan Ampel yakni Mbah Saleh yang usianya sudah tua yang kerjaannya selalu membersikan Masjid Agung Demak ini wafat, dan semenjak wafatnya keberadaan Masjid tidak sebersih sewaktu Mbah Saleh masih ada. Sunan Ampel pun berkata "Seandaikan Mbah Saleh masih hidup pasti Masjid ini sangat bersih", secara tiba-tiba Mbah Saleh hidup kembali sedang membersihkan Masjid. Dan kisah Mbah Saleh ini ia telah wafat dan hidup kembali sebanyak sembilan kali, ia hidup setelah Sunan Ampel berucap "Seandaikan Mbah Saleh masih hidup pasti Masjid ini sangat bersih". Disamping Masjid terdapat sembilan makam yaitu makam Mbah Saleh.

Keterangan :
Nama :
Sunan Ampel
Asal :
Zaman Kerajaan Majapahit
Kesaktian :
Menyembuhkan penyakit dan segala perkataanya selalu terkabulkan.

0 komentar: