Jumat, 23 April 2010

Apa itu Tuyul

abah kyai

Modus operandi tuyul cukup sederhana. layaknya seorang maling beraksi, tuyul mencuri uang langsung kelokasi sasarannya. biar serapih apapun uang itu tersimpan, bukan jadi persoalan. tuyul akan mampu menembusnya, sekalipun uang tersebut berada didalam brankas dan peti besi. dengan kemampuan dan eksistensi ghaibnya, dia mampu berubah wujud menjadi partikel-partikel berbentuk proton dan netron, sehingga sanggup menembus dinding setebal apapun.

Bila misi yg telah dijalankan usai, sang tuyul akan segera kembali kemajikan. wujudnya akan kembali seperti semula ( proses dematerialisasi ). kemudian oleh sang majikan ada kompensasi yg harus diberikan buat situyul. entah itu berupa makanan, mainan atau sesuatu yg digemarinya. tuyul tak pernah pandang bulu, ibarat robot, perintah sesulit apapun akan dijalankannya. mereka lebih banyak berhasilnya ketimbang gagalnya.

Secara umum , tuyul bertubuh kecil dan berkepala botak . raut wajahnya bisa baby-face ( kekanak-kanakan ) atau tua. boleh dibilang dia nudis alias telanjang. seperti manusia dia berjenis kelamin perempuan atau laki-laki. sementara tempat tinggalnya nomaden atau berpindah-pindah tempat.
adakalanya dia hidup dirumah-rumah manusia. tapi ada juga yg bersemayam didaerah-daerah pegunungan.

Tuyul juga beranak pinak dan mati. didalam dimensi ghaib, mereka memiliki strata sosial dan kehidupannya sendiri. layaknya manusia mereka juga makan dan minum. tentu saja disesuaikan dengan keadaan alamnya yang ghaib. jadi , untuk keseharian tuyul makan dari saripati sisa makanan manusia berupa gas dan zat-zat tertentu.
menurut Rauf Wiranatakusumah, tubuh tuyul mengandung unsur besi ( Fe ). hal ini kemungkinan dihubungkan dengan kegemaran tuyul bermain dibahan-bahan yang mengandung unsur besi, seperti pasir , bahkan kotoran karat besi termasuk menu makanan tuyul.

aktivitas tuyul sebenarnya tidak terlalu merugikan. bila menampakan dirimpun dia tidak terlalu menyeramkan . malah boleh dibilang menggemaskan . tapi tuyul yg diperalat seorang manusia untuk memperkaya diri, jelas berbahaya. sebab mereka bisa disetir untuk memindahkan uang atau barang berharga milik tetangga atau siapa saja ketangan sang majikan.

tuyul gemar bercanda yg justru sebetul nya tidak lucu. bayangkan saja bila suatu saat dia sedang bermain-main dengan roda-roda besi mesin kapal yang sedang bekerja.akibatnya ,kapal ngadat . hal ini pernah dialami seorang nahkoda kapal barang diperairan baukehuni-Merak.

Banyak cara untuk mengantisipasi dan menangkal aksi tuyul . misalnya saja dgn menebar butiran kacang hijau,merica,atau tanah yg digoreng tanpa minyak.

0 komentar: